Upah Lebih Tinggi daripada Indonesia, Berapa Gaji di Australia?

Sep 5, 2023 | 0 comments

gaji di australia, kuliah dan kerja di australia

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) yang terbit Mei 2023, rata-rata upah buruh di Indonesia adalah sebesar Rp2,94 juta. Sementara itu, gaji tertinggi adalah di bidang real estate sebesar Rp4,82 juta per bulan. Meski begitu, upah sesuai profesi ini masih jauh lebih rendah ketimbang rata-rata gaji di Australia.

Dengan gaji sebesar itu, apakah Anda ingin tahu apa saja pekerjaan oleh warga negaranya? Seperti apa rincian upahnya, dan apakah penduduk Indonesia bisa bekerja di Australia? Agar tak penasaran, mari menelisik lebih lanjut mengenai rerata gaji di Negeri Kangguru ini.

Rerata Gaji di Australia

Menurut laman CEO World Biz, Australia termasuk dalam 10 negara dengan gaji tertinggi di dunia. Per 1 Juli 2023, data Fair Work Ombudsman yang dirilis Pemerintah Australia menunjukkan bahwa upah minimum nasional di negara tersebut adalah sebesar AUD$23,23 per jam atau AUD$882,80 per minggu.

Angka ini setara Rp231.210 per jam atau Rp8.786.576 per minggu. Bahkan, untuk beberapa jenis pekerjaan tertentu, rata-rata pendapatan di Australia bisa mencapai US$ 4218,89 atau setara Rp62,5 juta per bulan.

Artinya, gaji minimum masyarakat di Australia masih lebih tinggi sekitar 7 kali lipat ketimbang upah masyarakat Indonesia. Maka tidak heran, jika ada banyak masyarakat Indonesia yang berbondong-bondong untuk bekerja WHV Australia. Mengapa demikian?

Alasan Kenapa Gaji di Australia Sangat Tinggi

Australia memiliki ekonomi yang kuat, upah minimum rata-rata yang layak, dan kualitas hidup yang tinggi. Negara ini juga memiliki industri pertambangan dan sumber daya alam yang besar, serta sektor pariwisata yang ramai.

Terlebih lagi, Australia memiliki undang-undang ketenagakerjaan yang ketat. Ini mencakup hak-hak pekerja terhadap gaji, jam kerja, dan kondisi kerja yang baik. Bagi pekerja asing, aturan imigrasi yang berlaku juga sangat ketat. Hanya pekerja terampil dan memenuhi kualifikasi pendidikan tertentu yang diperbolehkan bekerja.

Pekerjaan dengan Upah Tinggi di Australia

Gaji di Australia dapat bervariasi berdasarkan faktor-faktor seperti pengalaman, lokasi, industri, dan kualifikasi. Secara umum, gaji di kota besar dan pusat bisnis seperti Sydney, Melbourne, serta Brisbane cenderung lebih tinggi daripada dengan di kota kecil atau daerah terpencil. Itu sebabnya beberapa kota tersebut juga memiliki biaya hidup yang tinggi.

beberapa profesi juga seringkali membayar lebih baik di daerah regional atau terpencil karena permintaan yang lebih tinggi atau kurangnya persaingan.

Selain itu, gaji juga bervariasi berdasarkan industri di mana seseorang bekerja. Industri seperti kedokteran, teknologi, keuangan, dan sains, cenderung memberikan gaji yang lebih tinggi daripada dengan sektor-sektor lain. Berikut sejumlah pekerjaan yang dikenal memiliki gaji tinggi dan besarannya.

  • Dokter Spesialis: Dokter spesialis dalam bidang seperti bedah, onkologi, kardiologi, atau ortopedi dapat memiliki gaji mencapai AUD 8583 (sekitar Rp 89 juta).
  • Dokter Gigi: Profesi dentist, terutama dengan spesialisasi tertentu, juga terkenal memiliki gaji yang menarik.
  • Pengacara: Advokat atau pengacara dengan pengalaman di bidang hukum tertentu, seperti hukum korporasi atau hukum internasional, dapat menghasilkan gaji sekitar AU$80.000 – AU$90.000 per tahun.
  • Dosen/Peneliti Universitas: Dosen atau peneliti universitas dengan reputasi dan pengalaman yang kuat di bidang akademis tertentu biasanya mendapatkan gaji yang baik.
  • Proyek Konstruksi: Pekerja dan manajer proyek konstruksi yang terlibat dalam proyek besar bisa mendapatkan gaji sekitar AU$80.000 – AU$100.000 per tahun.
  • IT: Profesi di bidang teknologi informasi seperti manajer proyek IT,arsitek solusi teknologi , atau Data Scientist bisa memiliki penghasilan sebesar AUD 99.510 per tahun (sekitar Rp 1M/tahun).
  • Ahli Keuangan: Profesi seperti analis keuangan, manajer investasi, dan akuntan bersertifikasi (CPA) bisa mendapatkan gaji sebesar AUD 6625 per bulan (sekitar Rp 68 juta)
  • Insinyur: Insinyur di berbagai bidang seperti rekayasa perangkat lunak, teknik listrik, teknik sipil, dan teknik mekanikal umumnya memiliki kisaran gaji mencapai AUD 9000 per bulan.

Cara Bekerja di Australia

berapa gaji per jam di australia

Jika Anda ingin bekerja di Australia maka ada beberapa syarat yang harus terpenuhi. Apa saja?

Memiliki Kemampuan Bahasa Inggris

Pekerja asing harus menguasai bahasa Inggris yang merupakan bahasa nasional Australia. Oleh sebab itu, tes IELTS perlu untuk pengajuan visa. Tingkat kemampuan bisa bervariasi sesuai jenis visa, misalnya Work Holiday Visa (WHV) membutuhkan minimal nilai IELTS 4,5, sedangkan visa kerja dengan keahlian khusus memerlukan tingkat Advanced dengan nilai IELTS 8.0-9.0.

Mengurus Tax File Number (TFN)

Memiliki Tax File Number (TFN) sangat penting dalam sistem perpajakan di Australia. Bagi pekerja asing, disarankan untuk mengurus TFN sebelum memulai bekerja untuk menghindari pajak yang lebih tinggi. Proses pengurusan TFN dapat dilakukan secara langsung atau melalui layanan online di situs web ato.gov.au.

Membuka Rekening Bank

Membuka rekening bank di Australia diperlukan agar gaji dapat ditransfer. Rekening bank juga memudahkan transfer uang ke Indonesia dan pembayaran tagihan. Untuk pembukaan rekening, bisa melakukannya di Indonesia atau setelah tiba di Australia. Asalkan mengurusnya tidak lebih dari 6 bulan setelah kedatangan.

Training dan Sertifikat

Beberapa jenis pekerjaan akan memerlukan pelatihan sebelum bekerja. Sebagai contoh, untuk bekerja sebagai bartender perlu sertifikat RSA (Responsible Service of Alcohol), sedangkan dalam industri konstruksi memerlukan sertifikat White Card. Untuk pelatihan, biasanya hanya berlangsung selama beberapa jam.

Kartu Provider Seluler Australia

Untuk bekerja dan mendapat gaji di Australia sebaiknya memiliki kartu SIM dari provider telekomunikasi Australia. Kepemilikan SIM ini akan memudahkan calon perekrut menghubungi untuk wawancara dan komunikasi lainnya.

Nah, bagi Anda yang tertarik melanjutkan kuliah ataupun bekerja di Australia, ada baiknya mempertimbangkan bantuan Tutoravel. Sebagai konsultan pendidikan dengan standar Internasional, kami akan membantu persiapan kuliah ke Australia secara detail. Mulai dari pengurusan dokumen, mengatasi kendala bahasa dan budaya, hingga pencarian kerja sesuai kualifikasi. Jadi, tunggu apa lagi? Segera konsultasikan kendala Anda kepada kami, dan dapatkan informasi lengkapnya sekarang juga!

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *