Berkuliah di Nanchang Institute of Technology

Aug 23, 2023 | 0 comments

Tips Memilih Jurusan yang Tepat di Nanchang Institute of Technology

Zaman sekarang ini, kuliah di luar negeri menjadi cita-cita besar. Salah satu negara yang terkenal dengan perguruan tinggi berkualitas adalah China. Negeri Tirai Bambu menyediakan kampus-kampus berkualitas. Alumninya terbukti berhasil berkarier dalam berbagai bidang kerja dan penelitian. Bagi pelajar yang ingin menekuni bidang teknik, Nanchang Institute of Technology bisa menjadi pilihan tepat.

Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat di Nanchang Institute of Technology

Sebagai perguruan tinggi negeri, NIT memiliki reputasi yang positif dan sangat baik. Negara di dunia bahkan telah mengakui prestasi-prestasi NIT. Tak salah, jika banyak pelajar dari luar negeri membidiknya untuk meneruskan kuliah atau pertukaran pelajar. Apalagi universitas ini sudah membuka kesempatan belajar bagi mahasiswa asing sejak tahun 2007. Baik melalui program reguler maupun beasiswa.

NIT termasuk selektif dalam memilih mahasiswanya. Pelajar asing harus jeli dalam menentukan jurusan kuliahnya. Agar proses pembelajaran menjadi menyenangkan dan lancar. Niat berkuliah di China harus mengikutinya dengan keseriusan. Berikut ini tips dalam menentukan jurusan di NIT.

Mengetahui Minat, Bakat dan Kemampuan Diri

Sangat penting memahami diri sendiri sebelum melanjutkan studi. Terutama pada minat, bakat dan kemampuan diri. Dengan mengukur kemampuan diri, calon mahasiswa mampu menentukan jurusannya.

Minat dan bakat merupakan modal awal untuk mengarah pada jurusan yang tepat. Ini berlaku untuk aspek akademik maupun kepribadian. Hindari memaksa diri memilih jurusan di luar kemampuan. Karena hanya akan menyiksa diri dan berujung penyesalan.

Mencari Informasi tentang Jurusan

Sebelum mendaftar, pastikan sudah mencari tahu tentang jurusan yang diambil. Setiap calon mahasiswa memerlukan riset untuk memastikan jurusannya sudah tepat. Bagaimana grade jurusan tersebut?

Kira-kira mata kuliah apa saja yang akan terasahnya nanti? Calon pelajar bisa membuka website resmi universitas. Biasanya, informasi yang tersedia cukup lengkap, mulai dari visi-misi hingga jurusan yang terbuka bagi mahasiswa asing.

Mempertimbangkan Peluang Karier

Ketika mendaftar di NIT, tentunya mahasiswa harus punya rencana masa depan. Dalam pengertian setelah lulus ingin menjadi apa. Karena ada yang ingin melanjutkan kuliah lagi ke jenjang lebih lanjut. Terkadang ada juga alumni yang mulai berbisnis. Tapi, kebanyakan bercita-cita untuk mendapatkan pekerjaan.

Agar rencana masa depan terwujud, maka pertimbangkan juga peluang karier jurusan. Setiap jurusan di NIT memiliki peluang karier yang cerah. Hanya saja, perlu memilih studi yang sesuai dengan cita-cita. Jika ingin berkarier menjadi insinyur, maka program teknik bisa aja cocok. Jika ingin menjadi peneliti, maka pilihlah jurusan yang berhubungan dengan research.

Menentukan Jalur Seleksi

Calon mahasiswa memiliki hak menentukan jalur seleksi. Jurusan kuliah untuk jalur seleksi beasiswa biasanya terbatas. Pihak kampus yang menentukan kebijakan jurusan mana saja yang terbuka bagi orang asing. Beasiswa hanya untuk pelajar pilihan dan terbaik. Jalur seleksi melalui beasiswa tergolong ketat dan bersaing. Karena banyak pelajar internasional yang ingin menjadi bagian dari NIT.

Berkonsultasi pada Lembaga Pendidikan yang Tepat

kuliah di NIT Nanchang Institute of Technology China

Bagi calon mahasiswa dari luar Tiongkok sering kali merasa kesulitan menentukan jurusan. Hal ini seharusnya bukan menjadi masalah besar. Karena sekarang tersedia konsultan lembaga pendidikan, seperti Tutoravel.

Bisa dikatakan, kami adalah pihak ketiga sebagai penghubung universitas dengan mahasiswa asing. Kami dapat memberikan informasi program studi yang tersedia di NIT. Dengan berkonsultasi, maka pelajar dapat mengetahui dengan jelas jurusan yang dipilih.

Sejarah Nanchang Institute of Technology

Nanchang Institute of Technology (NIT) terletak di ibu kota Provinsi Jiangxi, Nanchang, China pusat bagian timur. Perguruan tinggi negeri ini berdiri pada tahun 1958. Awalnya, masyarakat mengenal kampus ini sebagai institusi Pemeliharaan air dan Tenaga Listrik Jiangxi. Namanya berubah menjadi universitas Nanchang pada tahun 2004.

Kampus ini berdiri di atas lahan yang luasnya sekitar 1.36 juta m2. Gedung kampus NIT terbagi menjadi dua, yaitu Yaohu dan Pengjiaqiao. Pihak universitas mendirikan Fakultas Yaohu Honor pada tahun 2014. Hal ini sebagai langkah membentuk inovasi dan melakukan reformasi perguruan tinggi. Fakultas ini khusus menampung mahasiswa yang memiliki jiwa penelitian dan keterampilan tinggi.

Reputasi Nanchang Institute of Technology

Pada tahun 2011, institusi pendidikan ini mendapat penghargaan sebagai kampus percontohan dalam “Program Pendidikan dan Pelatihan Insinyur Terbaik”. Pemerintah menjadikan universitas ini sebagai tempat pelatihan bintara secara langsung di tahun 2013. Perkembangan kampus ternama ini semakin melejit di negaranya. Hingga mampu menaikkan predikat menjadi universitas “First-Class Discipline” pada tahun 2017.

Penghargaan tak henti mengikuti kampus yang berfokus pada ilmu teknik terapan ini. Di tahun berikutnya, 2018 NIT berhasil menjadi universitas konstruksi profesional kelas satu. Kondisi tersebut semakin mengukuhkan nama NIT di mata dunia. Berdasarkan Edurank, universitas negeri ini mampu meraih peringkat ke-733 di kawasan Asia.

Sedangkan dalam daftar peringkat universitas di China, NIT menyabet peringkat 1 pada tiga jurusan, yaitu teknik hidrologi dan sumber daya air, konservasi air dan teknik tenaga air, konservasi tanah dan air serta pengendalian penggurunan. Segudang prestasi ini menjadikan incaran calon mahasiswa asing yang ingin kuliah di China. Terlebih lagi, pihak kampus menerima mahasiswa asing melalui beasiswa maupun tidak.

Pemilihan jurusan untuk kuliah di Nanchang Institute of Technology tidak boleh main-main. Karena kampus ini hanya menerima mahasiswa yang benar-benar ingin belajar. Terlebih lagi, bagi mahasiswa internasional harus memilih jurusan dengan cermat. Agar menikmati setiap proses pembelajaran. Jadinya mampu menguasai seluruh mata kuliah dari jurusan tersebut.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *