Informasi Lengkap Ujian Bahasa Mandarin HSK Level 6

Jul 10, 2023 | 0 comments

Informasi Lengkap Ujian Bahasa Mandarin HSK Level 6

HSK merupakan singkatan dari Hanyu Shiuping Kaoshi yang berarti Tes Kemahiran Bahasa Mandarin. Ini untuk penutur asing dan terdiri dari 6 level kompetensi. Pengelolanya adalah Hanban, sebuah afiliasi dari Kementerian Pendidikan Cina. HSK level 6 merupakan level ujian yang paling tinggi. Jadi orang yang lulus level 6 berarti sudah mahir dalam berbahasa Mandarin.

Belajar untuk Tes HSK 6

HSK 6 merupakan tes kemahiran Mandarin yang paling sulit. Tapi sebenarnya ini lebih mudah daripada tes bahasa asing lainnya seperti TOEFL atau DELE. Tes level 6 ini sebanding dengan ujian untuk kelas 6-7 di Cina.

Agar bisa lulus tes level ini maka perlu memahami bahasa Mandarin di banyak topik seperti akademik, pribadi, dan profesional. Peserta tes sebaiknya mengetahui 2500 karakter, 5000 kosa kata, dan sudah mahir tata bahasa Mandarin.

Mengapa perlu memiliki sertifikat untuk level 6? Meskipun level 4 dan 5 kadang sudah cukup untuk bekerja atau berkuliah di Cina namun level 6 tentu lebih baik. Jika pelamar lainnya memiliki sertifikat dengan level di bawahnya, tentunya yang akan terpilih yaitu yang level tertinggi. Memiliki sertifikat untuk HSK level ini bisa membantu lebih mudah dalam mendapatkan pekerjaan atau berkuliah di Cina.

Sebelum tes, peserta sebaiknya mempersiapkan diri dengan baik sehingga bisa mendapatkan nilai yang bagus. Berikut beberapa tips dalam belajar untuk persiapan HSK level 6.

Mengatur Waktu untuk Belajar

Belajar bahasa membutuhkan waktu agar bisa benar-benar mahir. Jadi penting untuk membuat jadwal kapan harus belajar. Rutin belajar cukup penting sehingga bisa cepat menguasai. Belajar bahasa Mandarin bisa melalui buku, audio, video, dan lain-lain.

Belajar Kata Baru dalam Konteks

Peserta yang lulus level 6 perlu tahu sekitar 5.000 kosa kata. Ini merupakan jumlah yang sangat banyak. Daripada hanya menghafalkan satu per satu kata tersebut, ada baiknya menempatkan dalam kalimat. Jadi dapat mempelajari kata baru yang ada dalam kalimat.

Mencoba Soal Tes HSK Level 6

Tak hanya belajar kosa kata dan tata bahasa, belajar mengerjakan soal tes juga perlu. Ini untuk membiasakan diri dengan format tes tersebut. Apalagi ada sesi listening yang membutuhkan pendengaran yang baik. Sebaiknya mencoba lebih dulu contoh soal yang ada.

Mencari Teman untuk Belajar

Belajar bersama teman biasanya dapat lebih memotivasi. Ini tidak harus selalu bersama, tapi kadang perlu untuk belajar komunikasi. Teman belajar juga dapat mengoreksi jika ada kesalahan. Memiliki teman yang mahir berbahasa Cina juga bisa menguntungkan untuk diajak berkomunikasi.

Belajar Melalui Kursus yang Profesional

Mendapatkan sertifikat HSK 6 merupakan hal yang penting bagi yang ingin mendapat pekerjaan di Cina. Jadi persiapan perlu matang dan serius seperti mengikuti kursus persiapan HSK.

Format dan Bentuk Soal HSK Level 6

Tes HSK 6 terdiri dari tiga bagian yaitu listening, reading, dan writing. Setiap sesi memiliki batasan waktu dan perlu menyelesaikan total 101 pertanyaan. Tes berbasis internet memerlukan waktu 135 menit, sementara yang berbasis kertas 140 menit. Berikut penjelasan bentuk soal tesnya.

Listening

Listening memiliki waktu 35 menit yang merupakan bagian terpendek dari level 6. Ini terdiri dari 50 pertanyaan dalam bentuk pilihan ganda. Berikut penjelasan detailnya.

Part 1: Pilihan Ganda

Pada bagian ini peserta akan mendengar rekaman 15 klip audio dalam bentuk kutipan singkat. Setiap kutipan bersama dengan 4 pernyataan. Hanya satu pernyataan yang konsisten dengan kutipan. Peserta perlu memilih satu dari 4 pilihan tersebut.

Part 2: Pilihan Ganda

Pada bagian kedua, peserta akan mendengarkan 3 interview. Pada akhir setiap interview ada 5 pertanyaan yang muncul dengan jeda waktu. Peserta perlu memilih jawaban yang benar dari 4 pilihan jawaban.

Part 3: Pilihan Ganda

Pada bagian tiga peserta akan mendengarkan 5-6 kutipan pendek. Masing-masing bersama dengan 3-4 pertanyaan di akhir. Peserta perlu memilih jawaban yang benar dari 4 pilihan yang muncul.

Reading

Reading pada HSK level 6 merupakan sesi paling lama, yaitu selama 45 menit. Ini terdiri dari 4 bagian. Berikut penjelasan detailnya.

Part 1: Memilih Kalimat yang Tidak Benar

Ada 10 item yang masing-masing terdiri dari 4 kalimat. Salah satu kalimat tersebut memiliki tata bahasa yang tak benar. Peserta perlu mengidentifikasi kalimat yang salah tersebut.

Part 2: Fill in the Blanks (Kata)

Ada 10 kutipan dengan masing-masing memiliki 3-5 kata yang hilang. Peserta akan memiliki 4 pilihan jawaban dan perlu menempatkan di tempat yang benar.

Part 3: Fill in the Blanks (Kalimat)

Di bagian ini ada 2 kutipan yang lebih panjang, dengan 5 kalimat yang hilang. Tersedia 4 pilihan jawaban untuk setiap set yang hilang. Peserta perlu mengisi dengan jawaban yang tepat.

Part 4: Pilihan Ganda

Di bagian 4 listening, ada 5 kutipan yang lebih panjang dan total 20 pertanyaan. Setiap kutipan bersama dengan 3-5 pertanyaan spesifik terkait kontek dan gaya tulisan. Peserta perlu memilih dari 4 pilihan jawaban yang tersedia.

Writing

Writing memiliki waktu 45 menit dengan hanya satu tugas saja. Tugasnya yaitu rewrite passage atau menulis kembali kutipan. Ada kutipan narasi sepanjang 1000 karakter. Peserta harus menulis kembali menjadi 400 karakter. 10 menit untuk membaca dan 35 untuk rewrite.

Agar bisa lulus HSK level 6 ini perlu untuk mempersiapkan diri dengan baik. Salah satunya yaitu dengan mengikuti kursus persiapan HSK melalui Tutoravel. Kami memiliki kelas online untuk belajar bersama dalam menghadapi tes ujian Mandarin. Peserta bisa mengikuti dari mana saja melalui perangkat yang terhubung dengan internet.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *